Mar 25, 2010

Update iAtkos V7 ke Leopard 10.5.8

Kemarin iseng download aplikasi aperture yang versi 3.0. Setelah downlod selesai, eh.... ntuh aplikasi kagak bisa di install, gara-gara leopard saya masih make versi 10.5.7 sedangkan yang dibutuhkan minimal leopard 10.5.8. Pengalaman dahulu, selalu gagal bila melakukan update Mac, saya urungkan niat saya untuk menginstall ntuh aplikasi dan memutuskan untuk menunggu keluarnya iAtkos yang menggunakan versi 10.5.8 atau yang lebih tinggi. Eh.... tapi dasar cah ndableg, akhirnya saya iseng juga cari-cari tutorial update Mac. Akhirnya dapat juga, walau tidak sesuai dengan versi yang saya pakai. Tetapi satu hal yang bikin saya berani untuk melakukan adalah saya sudah melakukan backup Extension terlebih dahulu sebelum menghajar leopard saya. Walau proses updating gak begitu berjalan dengan mulus, tapi akhirnya proses update tersebut berhasil juga. Berikut saya uraikan step-step untuk update iAtkos V7 ke leopard 10.5.8.

Kebutuhan Bahan
- OSX86Tools_1.0.150
- Kext Helper
- dsmos.kext
- disabler.kext
- Leopard Delta Update 10.5.8

Cari file-file tersebut melalui google.com saja, lupa dapat di mana, ehehehehhehe

Setelah semua file terkumpul lakukan langkah-langkah sebagai berikut
1. Gunakan Kext Helper untuk menginstall dsmos.kext dan disabler.kext

2. Buatlah backup Extensions
#cp -r /System/Library/Extensions /System/Library/Extensions.backup

3. Reboot komputer

4. Lakukan Update menggunakan Leopard Delta Update 10.5.8

5. Gunakan OSX86Tools untuk memperbaiki sistem dengan menjalankan beberapa task berikut, dengan menekan "Run Selected Tasks"


6. Lakukan reboot komputer dengan mode verbose, untuk melihat apakah ada error pada sistem. Jika sistem tidak mau booting maka lakukan reboot dengan menggunakan perintah -v -s -x, untuk masuk ke singgle user.
boot: -v -s -x

7. Setelah sistem terboot, mounting Mac system
#/sbin/mount -uw /

8. Backup Extensions milik Leopard 10.5.8.
#cp -r /System/Library/Extensions /Systen/Library/Extensions.10.5.8

9. Hapus Extensions
#rm -rf /System/Library/Extensions
#rm -rf /System/Library/Extensions.mkext

10. Kembalikan Extensions yang lama
#cp -r /System/Library/Extensions.backup /System/Library/Extensions

11. Reboot sistem
#reboot

Berdoalah semoga berhasil.......
weightloss said...

waduh! gelap beneeer...g paham ;S

NR Technology said...

putri -> kagak usah paham.... nikmati ajah.... ckckckckck

Eko Handriana said...

Gagal Mas, Apa Os x Nya G ori Ya :)
Ada Cara Lain G Mas ?
Gmna Kalo restore iatkos s3 v2 Di Partisi Kosong Lalu Kita Boot Partisi Itu Untuk Installer Yang Pasti System Tetanam Iatkos V7, Saya Berhasil Install Tapi Boot1 Error
Thank Mas

NR Technology said...

eko handriana -> Saya beberapa kali coba baru bisa berhasil. Intinya kita harus backup driver nya trus kita update baru kita restore driver

Eko Handriana said...

Mas Hendrawan terima Kasih, akhirnya Berhasil Update Iatkos V7 Ke 10.5.8 Dengan Saran Dari Mas, Tapi Maaf Mas Bukannya Saya Sok Tahu, Karena Sudah 17 x Gagal Saya ambil Inisiatip Untuk menggunakan Macdrive, Agar Bisa Melihat System Mac Os x.Tanpa Harus Melewati Step Ke 6 sampai Akhir dari Tutorial Mas Saya Coba Hapus extentions.mkext Kemudian extention Backup Yang Lama Saya Rename Lagi Ke Extention Dan Extention Milik 10.5.8 saya rename Extention Backup 10.5.8. kemudian saya reboot windows 7 Saya, Ta ra......... Sukses Dual Boot Win7 Dan V7 10.5.8.
Terima Kasih Banget Mas Tutorialnya Sangat Berharga.
Mas saya Masih belum Puas Dengan Iatkos V7 10.5.8
Saya Mau SL 10.6.3 Sedangkan Saya Tidak Punya Fdisk Yang 8gb, Bisa Tidak Direstore Ke Free space Partition ? Mohon Tutorialnya !!!!
Salam Sukses Mas

NR Technology said...

Maaf mas eko. Saya blom pernah coba, dan sekarang saya udah gak bisa coba2 lagi, karena tidak punya hardware yang mumpuni.
Mungkin lain waktu klo udah ada kesempatannya lagi bisa kita share bersama.
Mohon maaf

Eko Handriana said...

:) Mas hendrawan ya dah Pakai 10.5.7 Aja Itu Juga Sudah Bagus Banget, Tapi Sekarang Tinggal Masalah networknya Mas !!! kalo Saya Menggunakan Windows kecepatanya Bisa 200-300kbps Tapi Di Mac Cuma 20 Kbps Jauh Banget, Kesel, saya Sudah banyak baca Artikel Mas hendra Tapi Belum Menemukan artikel yang Cocok Untuk Masalah Network !!!
Ajarin heck Network Dunk Mas :) hehehe
Matur Nuwun Sanget Mas.

NR Technology said...

Kalau masalah network, emang banyak problem. Dulu saya ngakalinnya ganti wireless card laptop make yang kompatibel ama iatkos. Cari list-nya ajah di hackintosh

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search